Kamis, 12 April 2012

pisang pembelajaran


temen-temen, sekelumit sedikit sharing,, hari ini, ada pelajaran yang kudapat dari pisang saat ak memakannya.. kenapa mesti pisang sich?? mesti bingung? sami mawon.
temen-temen semua pasti tahu pohon pisang? tafsirkan dan lukiskan sendiri deh.. soalnya yeni ga bs buat mendisripsikan secara jelas, tp kalo mau tau pohon pisang kaya apa? dilihat di dekat rumah deh. atau dmana gt.. nek tetep ga da, di dekat rumahku masih ada.
temen-temen, secara biologi, pohon pisang gakkan mati walopun sudah dtebang sebelum pohon pisang sebut saja si Bonggol mengeluarkan buah (pohon pisang kerenne ben mudah memanggil).
gak percaya?? coba aja deh, cari pohon pisang apapun itu, tegor / tebang deh, nanti pasti keluar/ bertumbuh lagi dari dalam batangnya keluar deh.
ak pernah dengan mata kepalaku sendiri melihat sebatang pohon pisang dbelakang rumahku yang ditebang ayahku karena merusak pemandangan alias ngalang-ngalangi srengenge sumunar.
eh ternyata,, usul boleh asal tp asal ga blh usul,, ternyata, pohon yang ditebang itu mengeluarkan tunas lagi dalam badan pohon alias urip meneh beda dengan beranak lhoo??!!
sampai jengkel ayahku memotong (mungkin jg krn ga pohon pisang kami). dan stelah dibiarkan besar, pohon tersebut berbuah dan buahnya lebat. sampai-sampai buah tu sudah hilang sebelum yang punya kebun mengambilnya, eh ujung-ujungnya kelgku yg ken tuduh.
tp bukan soal tuduhan yg pengen ak bagikan.

belajar dari sebuah pohon pisang lebih tepate debog.. saat pohon tersebut belum berbuah, arep po mbo pateni, tetep akan bertumbuh untuk hidaup dan berjuang sampai dapat berbuah. dari situ dalam diambil pelajaran berharga, sekeras apapun keidupan ini, entah terkadang kamu dihimpit sampai seeeseeek, dimatikan dan dijatuhkan dengan sangat kerasnya, entah selama ini kamu dianiaya sampai ga bs bernapas, ataupun entah terpaan hidup baik dalam keluarga, pelayanann, pekerjaaan dan permsalahan yg lainne, tp satu yang Tuhan ingin dan dharapkan, kita bs berbuah pada akhinya dan dikmati org bnyak.
yang jelas, untuk menghasilkan sebuah buah dari suatu perbuatan tdk smudah membalikkan telapak tangan ataupun memotong rambut disalon. tapi, spt halnya pohon pisang yang kadang ditebang krn dirasa, halah ah,,, gedhang tek!halah agh ra enak! halah ah,, ini itu tek,,
kita harus tetap bertumbuh dan berbuah lebat, melalui perbuatan dan perkataan kita.
intinya sekeras apapun, tetep harus berjuang untuk menghasilkan buah, jangan menyerah dan mati ditengah jalan alias menyerah, namun bangkit dan tunjjukkan bahwa kita bisa krn Tuhan ada dan kasihNYa itu slalu bersama kita dan tidak pernah berubah..
sebuah pisang selalu akan berbuah walopun tempatnya kebanyakan air atau kekurangan air, dan kesemuanya itu spt hidup kita.
nah ambillah waktu dan renungkan apa pembelajaran yang dapat kita petik dari poho pisang ini. sdemangat, kuberharap, ada sesuatu yg saudara dapat,,, GBU...



pernah di post di fb yeni wijayanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar